Galeri

Otodidak, Aplikasi pembelajaran Linux untuk Pemula

Aplikasi yang ditunggu oleh pengguna baru OS Ubuntu, akhirnya datang juga.. Tujuan utamanya membuat aplikasi ini yaitu sebagai aplikasi belajar Linux yang all-in-one untuk pemula.. Dimana sii “migrasi” atau pengguna baru bisa belajar terlebih dahulu sebelum menggunakannya.. Aplikasi ini dibuat oleh Ade Malsasa Akbar (http://malsasa.wordpress.com/about/)..

Berikut ini kata2 dari blog Ade Malsasa Akbar yang saya ambil dari blognya langsung..

Otodidak Versi 1 Dirilis

http://malsasa.files.wordpress.com/2013/02/pemula-1.png

Bismillahirrahmanirrahim,

Dengan mengharap rahmat Allah, saya merilis aplikasi Otodidak versi 1 hari ini. Otodidak adalah aplikasi open source baru yang terinspirasi dari Electrodroid, dengan kegunaan utama sebagai aplikasi belajar Linux yang all-in-one untuk pemula. Otodidak mulai dibuat pada 6 November 2012 dan siap diunduh hari ini. Dengan antarmuka GUI berbahasa Indonesia, prinsip click and run, beserta dominasi gambar untuk menjelaskan, jadilah Otodidak aplikasi khusus untuk orang awam dan pemula dalam belajar Linux. Otodidak dirilis untuk Linux dan Windows dengan harapan bermanfaat bagi seluruh umat manusia. Otodidak dirancang agar bisa dimanfaatkan oleh perorangan, sekolah dasar maupun menengah, perguruan tinggi, korporasi, warnet, dan siapa pun yang ingin migrasi ke sistem operasi Linux. Kini dengan Otodidak, diharapkan pembelajaran Linux dapat dikurangi kerumitannya karena cukup membuka satu aplikasi ini untuk:

1) Simulator Terminal (Anda bisa belajar Terminal tanpa Terminal).

2) Kumpulan tutorial instalasi modem di Ubuntu.

3) Kumpulan penjelasan mengenai Ubuntu semisal kelebihan/kekurangan.

4) Tabel perbandingan aplikasi Windows dan Ubuntu.

5) Semua kumpulan pengetahuan Linux bergambar.

6) Tutorial instalasi aplikasi di Ubuntu.

7) Tutorial instalasi kodek MP3 di Ubuntu.

8) Kumpulan penjelasan mengenai 5 desktop environment di Linux.

9) Kumpulan perintah Terminal yang sering digunakan.

10) Kumpulan trik cepat menggunakan Terminal.

11) Kumpulan pengetahuan dasar Linux, GNU, Free Software, Open Source, Repositori, dan cara belajar Linux dalam Bahasa Indonesia dan disertai ilustrasi (didesain dengan Inkscape).

Otodidak dirancang agar sederhana. Karenanya Otodidak dirilis dalam format DEB (bisa langsung diinstal di Ubuntu) dan EXE (Windows). Dan siapa pun yang menemukan kerumitan atau kesalahan di dalamnya hendaklah melaporkan ke pengembangnya.

Unduh Otodidak

Linux dan Windows: Otodidak_versi_1.jar (12 MB)

Ubuntu: Otodidak_versi_1.deb (12 MB)

Windows:Otodidak.exe (12 MB)

Kode Sumber: Otodidak_versi_1.tar.gz (10 MB)

*) Linux lainnya bisa menggunakan versi JAR saja

**) Otodidak dibuat dengan Java, sehingga Anda memerlukan Java Runtime Environment (JRE) di komputer Anda untuk bisa menjalankannya. UnduhΒ di situs resmi JRE.

Plus

Bagi yang ingin tahu, nantikan Otodidak Behind The Scene di web resmi Otodidak yang menjelaskan bagaimana tahapan desain dan pemrograman selama Otodidak dikembangkan.

Skrinsot

Simulator-Terminal

Pemula-2Lanjutan-2Lanjutan-1

Sumber langsung : http://malsasa.wordpress.com/2013/02/24/otodidak-versi-1-dirilis/

9 thoughts on “Otodidak, Aplikasi pembelajaran Linux untuk Pemula

    • sama-sama kang. saya senang bisa membantu sedikit untuk menyebar luaskan aplikasi open source kreasi anak bangsa seperti akang ini..
      tidak masalah kang, ini blog juga baru ane buat.. blom lama jadi isinya sedikit banget dan nggak ada yang tau..

      • Terima kasih banyak. Saya berharap dengan ini, anak-anak bangsa yang lain mau membuat aplikasi juga seperti ini. Kalau mau, saya akan beri semua sumber dayanya mulai buku sampai contoh aplikasinya, insya Allah.

      • waah.. boleh tuh kang..
        untuk bukunya sudah dibuat kang ??
        dan video tutorialnya gimana ??
        saya akan coba bagikan kesemua yang saya kenal..
        kalau bisa buku dan videonya diupload ya kang, agar nanti saya bisa download untuk membagikannya.. πŸ™‚

        salam opensource ~ πŸ™‚

      • Sungguh indah. Formatnya nanti laman web dan PDF, Kang. Biar bisa gampang diambil orang.

        Untuk video, saya belum tahu bisa apa tidak. Namun harapan akang besar sekali. Terima kasih. Saya akan carikan solusi, insya Allah.

        Terima kasih banyak.

      • Sekecil apapun ilmu yang kita dapat, namun bisa bermanfaat untuk orang banyak itu lebih mulia.. daripada banyak ilmu namun tidak bermanfaat.. πŸ™‚ bener nggak kang ?? hehehehe.. πŸ˜€
        oke, Terima kasih kang.. πŸ™‚
        nanti saya download untuk membagikannya ke teman yang lain.. πŸ™‚

      • Ya, demikian.

        Terima kasih banyak! Sangat terbantu saya atas kesediaan akang membagikan.

        Saya pun menanti aplikasi buatan Kang Ravie. Sedikit bocoran, Otodidak dibuat dengan Netbeans hanya dengan drag and drop. Penulisan kode dilakukan oleh Netbeans secara otomatis, sedikit yang saya ketik sendiri. Hanya, ada teknik pemaketan Debian untuk membuatnya jadi DEB dan sedikit teknik membuat EXE di Linux. Jadi, ini adalah kesempatan besar juga bagi Kang Ravie untuk melakukan proof of concept dari pernyataan akang mengenai ilmu yang bermanfaat.

        Ayo, akang yakin akang bisa! πŸ™‚

      • waah.. saya hanya bisa ikut membagikannya kang.. πŸ™‚
        untuk membuatnya kaya akang saya masih blum bisa..
        kalau sudah ada tutorialnya saya pasti belajar agar bisa juga kaya akang.. πŸ™‚
        saya juga mau membuatnya bisa berjalan di OS Linux dan OS Windows sekalian OS Mac kya aplikasi akang ini..
        dan saya menunggu ebook dari akang, buat belajar..
        πŸ˜€

        sementara ini saya masih belajar mengedit foto kang..
        hehehehe.. πŸ˜€

  1. Otodidak versi 1 masih 1/2 jalan. Proyek ini yang 1/2 lagi itu bertujuan anak-anak Indonesia supaya bisa membuat aplikasi seperti Otodidak ini. Mudah, kok. Asal tahu kunci-kuncinya, semua orang bisa. Saya sudah ukur kesulitannya, tingkat SMP. Saya yakin akang pasti bisa. Nanti insya Allah akan ada kuliah online di kanal #ubuntu-indonesia bagaimana bikinnya.

    Mengenai ebook, sebenarnya sudah ada:

    http://bukanpenggunawindows.blogspot.com/2012/10/download-ebook-belajar-java-berbahasa.html

    yang saya gunakan untuk membuat Otodidak. Namun tentunya ini perlu disaring agar belajarnya to the point, tidak usah berputar-putar langsung jadi. Silakan belajar, Kang!

Tinggalkan Balasan

